Bimbingan Teknis Layanan Perencanaan Kebutuhan ASN pada Aplikasi SIASN di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa tengah

Blog Single

Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah menelenggarakan BIMTEK LAYANAN PERENCANAAN KEBUTUHAN PADA APLIKASI SIASN dalam rangka mewujudkan perencanaan kebutuhan pegawai yang terintegrasi, yang akan menjadi landasan penting dalam penyusunan kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Seiring dengan perkembangan zaman dan tuntutan akan pelayanan publik yang lebih baik, perencanaan kebutuhan ASN yang matang dan tepat adalah hal yang sangat krusial. Hal ini menjadi dasar yang solid untuk memastikan bahwa kita memiliki sumber daya manusia yang kompeten dan siap untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Kegiatan ini membahas mengenai penyusunan kebutuhan jumlah dan jenis jabatan berdasarkan Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja melalui Sistem Informasi ASN (SIASN) dengan dasar perubahan regulasi yaitu PerMenPAN-RB Nomor 41 Tahun 2018 menjadi PerMenPAN-RB Nomor 45 Tahun 2022 tentang Jabatan Pelaksana harus segera diikuti dengan Perbaikan Peta Jabatan terutama terkait dengan Perubahan Klasifikasi Jabatan, perbaikan nomenklatur dan  Perubahan persyaratan jabatan pelaksana yang lebih fleksibel dan berorientasi pada kompetensi.

bahwa dengan akan digantikannya E-formasi dengan SIASN Perencanaan pada tahun 2024 oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) bertujuan meningkatkan efisiensi dan efektivitas perencanaan kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan memungkinkan instansi pemerintah melakukan penyusunan kebutuhan ASN secara online dan terintegrasi dengan data kepegawaian BKN, menghasilkan efisiensi waktu dan biaya, akurasi data yang lebih tinggi, serta transparansi yang lebih baik. Langkah-langkah implementasi mencakup registrasi di SIASN, integrasi data kepegawaian, penyusunan kebutuhan ASN, dan penyampaian hasil kepada BKN, dengan target seluruh instansi pemerintah menggunakan SIASN pada tahun 2024.

Harapan diadakan acara ini dapat menjadi momentum yang berharga bagi kita semua untuk meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan koordinasi dalam perencanaan kebutuhan ASN.  Semoga acara ini dapat memberikan pemahaman yang mendalam dan solusi yang efektif dalam mewujudkan perencanaan kebutuhan pegawai yang terintegrasi dan berbasis data.

BERITA TERBARU

Designed & Developed by Citraweb