Launching dan Sosialisasi Mewujudkan Satu Pintu Data Aparatur Sipil Negara Melalui Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (MANTAP SI ASN) di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah

Blog Single

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Tengah meluncurkan Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (MANTAP SI ASN) pada hari Rabu, 31 Juli 2024 di Ruang Aula BKD Provinsi Jawa Tengah. Peluncuran ini merupakan langkah strategis dalam restrukturisasi dan penguatan sistem informasi ASN yang bertujuan untuk menyesuaikan dengan regulasi terbaru, menggunakan teknologi terkini, serta memperkuat database ASN yang terintegrasi dengan berbagai stakeholder terkait.

MANTAP SI ASN dirancang untuk memberikan kemudahan dalam pengelolaan data ASN melalui proses bisnis yang lebih mudah, praktis, dan user-friendly berbasis Single Sign-On (SSO). Sistem ini juga memperkuat pengamanan informasi ASN dan menyesuaikan dengan kebutuhan organisasi. Implementasi MANTAP SI ASN akan didukung dengan regulasi berupa Peraturan Gubernur dan Surat Edaran, serta pemutakhiran data mandiri secara periodik guna memastikan data yang akurat, terkini, terpadu, dan berkualitas, sehingga dapat menciptakan interoperabilitas data ASN.

Dalam sambutannya, Kepala BKD Provinsi Jawa Tengah Rahmah Nur Hayati, S.KM., M.Kes. menekankan pentingnya digitalisasi manajemen ASN sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara. “Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi harus melaksanakan digitalisasi manajemen ASN untuk menjamin efisiensi, efektivitas, dan akurasi dalam proses dan pengambilan keputusan dalam manajemen ASN,” ungkapnya.

Pelaksanaan digitalisasi ini memerlukan dua prasyarat utama, yaitu data dan dokumen kepegawaian yang up-to-date, lengkap, dan akurat; serta sinkronisasi data dan dokumen kepegawaian yang terintegrasi baik dalam MANTAP SI ASN maupun dengan Sistem Informasi ASN (SIASN) BKN.BKD Provinsi Jawa Tengah berkomitmen untuk mengimplementasikan digitalisasi manajemen ASN dan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) melalui MANTAP SI ASN sebagai tulang punggung layanan ASN. Sistem ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi ASN Jawa Tengah dalam mengakses layanan kepegawaian melalui komputer maupun perangkat mobile, dengan keamanan yang lebih terjamin dan performa yang semakin meningkat.

Selain peluncuran MANTAP SI ASN, acara ini juga diisi dengan sosialisasi untuk mengenalkan dan menyamakan persepsi serta meningkatkan pemahaman tentang sistem ini. Dihadirkan narasumber diantaranya Kepala Bidang Informasi Kepegawaian BKD Provinsi Jawa Tengah, Sodikin, S.Sos, M.Si, selaku Project Leader MANTAP SI ASN, bersama tim teknis dari Bidang Informasi Kepegawaian.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan OPD se-Provinsi Jawa Tengah beserta stakeholder terkait. Dengan peluncuran MANTAP SI ASN, diharapkan layanan pegawai ASN dan penyelenggaraan manajemen ASN di Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dapat dilakukan secara lebih efektif dan efisien, mendukung terciptanya ekosistem manajemen ASN yang terintegrasi secara nasional.

BERITA TERBARU

Designed & Developed by BKD Provinsi Jawa Tengah