Sosialisasi BAPETARUM PNS bagi KAB/KOTA & SKPD Prov. Jateng

  • Monday, 04 December 2017
  • ADM
  • 174

Salatiga (4/12) Siang ini Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah melalui Bidang Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai (PKP), pada sub bidang Kesejahteraan Pegawai melaksanakan Sosialisasi Program Bapetarum (Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan) PNS.

Narsum dan Peserta

Peserta Kegiatan Sosialisasi Program Bapertarum-PNS adalah seluruh perwakilan Kab./Kota dan SKPD dilingkungan Provinsi Jawa Tengah yang mengelola Bapertarum-PNS, Sedangkan Narasumber adalah :

  1. Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Prov. Jateng dengan materi Penyediaan dan Pembiayaan Perumahan bagi PNS di Provinsi Jawa Tengah,
  2. Kantor Cabang Syariah PT. BTN (Persero) Tbk  Semarang dengan materi Layanan Pencairan BUM, BTP Dan TBUM oleh Bank Pelaksana,
  3. Bapertarum Pusat dengan materi Hak dan Kewajiban PNS sebagai peserta Bapertarum – PNS beserta informasi terkini;
  4. Ketua DPD REI (Real Estate Indonesia) Semarang Jawa Tengah dengan materi Program Pengembangan Perumahan di Jawa Tengah;
  5. Perumnas Regional V dengan materi Pembangunan Perumnas di wilayah Jawa Tengah;
  6. PT. Bank Jateng dengan materi Layanan Pencairan BUM, BTP Dan TBUM oleh Bank Pelaksana.

Kepala BKD Prov. Jateng (Drs. Mohamad Arief Irwanto, M.Si) berkesempatan membuka acara sosialisasi tersebut. Dalam laporannya Kepala Bidang PKP (Ning Tjahyo Kusumastuti, SH, MM) menyampaikan maksud dan tujuan Sosialisasi adalah :

  1. Mendukung visi dan misi Gubernur Jawa Tengah yaitu “Menuju Jawa Tengah Sejahtera dan Berdikari” dengan Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat yang Berkeadilan, Menanggulangi Kemiskinan dan Pengangguran.
  2. Menginformasikan program layanan dan informasi terkini Bapertarum-PNS.
  3. Memberikan informasi terkait penyaluran dana Bapertarum-PNS di Jawa Tengah.

Dalam sambutanya Arief Irwanto menyampaikan Rumah merupakan salah kebutuhan pokok manusia yang wajib untuk dipenuhi. Begitu juga dengan PNS, kepemilikan rumah merupakan salah satu kebutuhan yang mendasar untuk dapat dipenuhi. Oleh karenanya dalam rangka memperhatikan kesejahteraan PNS, Pemerintah telah berupaya membantu PNS dalam kepemilikan rumah melalui BAPERTARUM-PNS. Hal ini dilakukan dengan harapan melalui pemenuhan kesejahteraan PNS maka motivasi kerjanya akan meningkat dan kinerjanya menjadi lebih optimal. Sedangkan kinerja individu yang optimal akan mampu mempengaruhi kinerja organisasi. Dan pada akhirnya pelayanan publik dapat terpenuhi dengan baik bahkan memuaskan.

Bapetarum

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa iuran bulanan yang kita bayarkan setiap bulannya belum pernah berubah sejak tahun 1994 yakni sebesar Rp. 3.000,- untuk PNS golongan I, Rp. 5.000,- untuk PNS golongan II, Rp. 7.000,- untuk PNS golongan III, dan Rp. 10.000,- untuk PNS golongan IV. Nominal yang tergolong cukup kecil untuk saat ini, namun BAPERTARUM-PNS terus berupaya memaksimalkan layanan dengan produk-produk inovatifnya yang hingga sekarang telah terdapat 6 produk layanan bagi PNS.

Jawa Tengah merupakan daerah yang berpotensi tinggi dalam penyaluran program BAPERTARUM-PNS tersebut, dengan jumlah PNS yang cukup banyak. Berdasarkan data statistik, maka jumlah PNS di Jawa Tengah adalah terbanyak   ke-2 setelah Jawa Timur. Nyatanya, jumlah PNS di Jawa Tengah yang telah memanfaatkan program BAPERTARUM-PNS tersebut tergolong masih sedikit.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi rendahnya angka pemanfaatan program BAPERTARUM-PNS dimaksud antara lain jumlah rumah bersubsidi (sesuai harga Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) yang sedikit, nilai bantuan yang kecil, para PNS telah mempunyai rumah hingga kurangnya sosialisasi.

Diakhir sambutannya Arief menyampaikan selaku instansi pengelola informasi BAPERTARUM-PNS di Jawa Tengah BKD berusaha untuk lebih informatif dengan memberikan sosialisasi Program BAPERTARUM-PNS dengan menggandeng BAPERTARUM pusat, Dinas Pemukiman dan Perumahan Rakyat Provinsi Jawa Tengah, Real Estate Indonesia (REI), Perumnas (BUMN), dan Perbankan (Bank Jateng dan Bank BTN).

Dan berharap peserta Sosialisasi dapat  meneruskan informasi yang didapat kepada teman-teman PNS yang lain didaerah masing-masing. ***Budidojo***

Berita Lainnya
  • 04 December 2017
  • ADM

Pengumuman Hasil Analisis Problem Talend Scouting 2017 Prov. Jateng

Read more
  • 04 December 2017
  • ADM

Sosialisasi BAPETARUM PNS bagi KAB/KOTA & SKPD Prov. Jateng

Read more
  • 09 November 2017
  • ADM

Jadual Pengambilan Sumpah/Janji PNS Prov. Jateng 2017

Read more