SOSIALISASI HOW TO BE A GOOD CIVIL SERVANT

Blog Single

Surakarta, 21 Maret 2023 Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan sosialisasi How To Be A Good Civil Servant. Maksud diadakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman bagi PNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tentang bagaimana menjadi seorang ASN yang baik guna menghadapi perubahan dunia pemerintahan yang selalu dinamis (Dynamics Government).
Adapun tujuan diselenggarakan nya kegiatan ini adalah :
  • Mewujudkan smart ASN untuk menuju birokrasi kelas dunia.
  • Mewujudkan Aparatur Sipil Negara yang disiplin, berintegritas, dan profesional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
  • Meminimalisir pelanggaran disiplin ASN dengan menegakan nilai dasar, kode etik dan kode perilaku ASN.
Peserta
Peserta sosialisasi HOW TO BE A GOOD CIVIL SERVANT, sebanyak 50 Orang ASN yaitu para pejabat struktutal di tingkat Cabang Dinas maupun di Unit Pelaksana Teknis. Mayoritas peserta merupakan kepala Sekolah sebanyak 35 orang sedangkan sisanya merupakan pejabat struktural (atau yang mewakili) di lingkungan Cabdin/UPT.
Narasumber dan Fasilitator
Narasumber terdiri dari :
a. Ibu Dr. Martuti, M.M. (Widyaiswara Ahli Utama BPSDMD Prov Jateng) menyampaikan materi Integritas dan Profesionalisme ASN menuju Era Industri 5.0;
b. Bapak WAHYUDI, SMT., CHt., CNNLP.CNLC (Spiritual Motivation Training) menyampaikan materi Spiritual Motivaton (Kerja Bahagia);
c. Bapak ESTU WIDODO, S.Sos., M.M. (BKD Prov Jateng) menyampaikan materi Kode Etik dan Netralitas ASN.
Metode Kegiatan
a. Ceramah
b. Tanya Jawab
Harapan Penyelenggara
Melalui sosialisasi How To Be A Good Civil Servant, diharapkan agar penegakan nilai dasar, kode etik, dan kode perilaku ASN dapat di terapkan oleh para pimpinan di Cabdin/UPT maupun Sekolah. Dikarenakan dengan ditegakanya NKK, profesionalisme dan integritas seorang ASN akan terbentuk dengan sendirinya. Maka dari itu kami berharap agar penegakan NKK dapat ditegakan di lingkungan bapak/ibu sekalian dengan harapan dapat menekan angka pelanggaran disiplin ASN di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. 
Tidak hanya itu, menjelang menghadapi tahun politik tahun 2024, kami menghimbau kepada bapak/ibu sekalian untuk tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis. Kita sebagai seorang ASN diminta untuk menjaga netralitas, tidak berpihak kepada pasangan calon manapun.
Selain itu, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk untuk mendukung Sistem Merit Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dimana penagakan NKK dan Netralitas ASN juga dipantau lansung oleh KASN melalui penilaian indeks maturitas terhadap penegakan NKK dan Netralitas ASN. Dan Alhamdulillah di tahun 2022 kemarin, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendapatkan predikat patuh (dari 4 kategori , patuh - cukup patuh - kurang patuh – tidak patuh) dengan skor 364. 
Dan semoga di tahun-tahun berikutnya Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dapat meningkatkan penegakan NKK di lingkungan pemerintah Provinsi Jawa Tengah. 

BERITA TERBARU

Designed & Developed by Citraweb