Peta Kuadran 9

  • Monday, 20 September 2021
  • ADM
  • 239

Peta Kuadran 9

Talent mapping adalah kegiatan pemetaan kompetensi SDM di perusahaan. Perusahaan ingin mengetahui peta persentase kompetensi SDM yang ada dan membandingkannya dengan kinerja yang dihasilkan. Informasi tersebut bisa didapat dengan membuat Peta Kuadran 9 model kompetensi. 

Pemetaan ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan termasuk strategi pengembangan individu-individu yang berbakat dan individu-individu yang memiliki kelemahan.

Peta Kuadran 9 adalah alat / metode untuk menilai individu / karyawan akan kontribusinya untuk perusahaan serta potensi yang bisa diberikan / dikembangkan untuk perusahaan. Ini adalah alat yang sederhana, mudah dimengerti dan mudah diaplikasikan. Dalam waktu tidak terlalu lama, Anda sudah bisa melihat “peta” yang ada.

Peta Kuadran 9 Model umumnya digunakan dalam succession planning (perencanaan suksesi) sebagai metode untuk mengevaluasi talent pool yang ada dan mengidentifikasi siapa saja yang berpotensi untuk menjadi pemimpin unit / bagian / divisi / perusahaan di masa mendatang.

Talent pool adalah istilah yang Anda gunakan untuk mengelompokkan SDM bertalenta tersebut.

Peta Kuadran 9 ini menggabungkan antara Kinerja dan Potensi, dimana Kinerja ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu di bawah ekspektasi, sesuai ekspektasi dan di atas ekspektasi sedangkan untuk kinerja meliputi kategori rendah, sedang dan tinggi.

Sehingga apabila semua data dari PNS sudah masuk maka akan sangat membantu Pimpinan dalam pengambilan keputusan.

Akan diketahui sejauhmana kinerja seorang PNS dan potensinya sebagaimana ilustrasi di bawah.

Atau

Sebagaimana Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenpanRB No.3 Tahun 2020) dibawah ini keterangan Tabel diatas