32 PNS akan Purna ikuti Program Purna Tugas “BERKUALITAS”

  • Tuesday, 08 November 2022
  • ADM
  • 274

Salatiga 08/11 Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah melalui bidang Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai mengadakan Pembekalan Angkatan III Tahun 2022 diikuti oleh 32 (tiga puluh dua) PNS yang akan purna tugas dan telah dikelompokkan berdasarkan minat kewirausahaan pada bidang kerajinan.

Peminatan Bidang Kerajinan

Dalam laporannya kepala bidang Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai Kabul Sutriyono, SH, MH menyampaikan kegiatan Pembekalan mendukung visi dan misi Gubernur Jawa Tengah yaitu “Menuju Jawa Tengah Sejahtera dan Berdikari” dengan menyiapkan purna tugas BERKUALITAS yang memiliki nilai Berkarya, Kuat, Spiritual, Inovative dan Sejahtera sehingga terhindar dari problem “Post Power Syndrome” berkepanjangan serta memberikan penghargaan kepada PNS yang telah menunjukkan kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran, kedisiplinan, dan prestasi kerja dalam melaksanakan tugasnya.

Pembekalan Angkatan III Tahun 2022 akan dilaksanakan tiga hari kerja  Selasa s.d. Kamis, Tanggal 8 sampai dengan 10 November 2022 bertempat di Hotel Grand Wahid Salatiga Jln. Jend. Sudirman No. 2 Salatiga.

Untuk hari terakhir akan dilakukan kunjungan industri ke Sha Collection, Boyolali  untuk membekali peserta dengan Dasar-Dasar Industri Kerajinan dan Praktik Lapangan Pembuatan Kerajinan.

Kabul Sutriyono menyampaikan, Pembekalan ini menghadirkan Narasumber dari PT Taspen, Bank Jateng, Dinas Koperasi UMKM, Strategi Setelah Masa Pensiun dan Menentukan Alternatif Aktivitas di Masa Purna oleh Tosec World Group (Bergerak dalam Manajemen SDM), Mengantisipasi “Post Power Syndrome” dan Menumbuhkembangkan Jiwa Wirausaha oleh Human Training Center, serta mengundang Alumni Kegiatan Pembekalan untuk memotifasi peserta dan Lapangan Praktik Pembuatan Kerajinan ke Sha Collection, Boyolali.

Purna Tugas “BERKUALITAS”

Sedangkan dalam sambutannya Kepala BKD Prov. Jateng Drs. Wisnu Zaroh, M.Si melalui Sekretaris Drs. Legiman, M.Si menyampaikan Purna tugas merupakan hal yang pasti dan akan dialami oleh semua Pegawai Negeri Sipil, regenerasi harus dijalankan karena pertumbuhan jumlah penduduk angkatan kerja sudah menanti dan siap mengganti. Meskipun semua PNS sudah tahu batasan pensiun kenyataannya tidak semua PNS mempersiapkannya dengan baik.

Faktor eksternal dan internal PNS menyebabkan seseorang yang sudah pensiun akan lebih cepat mengalami “Post Power Syndrome”. Permasalahan ini tidak hanya mengganggu kehidupan pribadi PNS namun apabila tidak dapat diselesaikan akan mengganggu stabilitas ekonomi secara nasional.

dalam rangka mendukung visi dan misi Gubernur Jawa Tengah yaitu Menuju Jawa Tengah Sejahtera dan Berdikari dan menyelaraskan misi ke 3 yaitu “Memperkuat kapasitas ekonomi rakyat dan memperluas lapangan kerja untuk mengurangi kemiskinan dan pengangguran”, maka BKD Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan Pembekalan bagi PNS yang akan Purna Tugas yang diarahkan pada pembentukan wirausaha baru.

Oleh karena itu, materi dan pelatihan pada pembekalan diberikan dengan maksud untuk mencetak purna tugas “BERKUALITAS”. Setelah mengikuti kegiatan pembekalan purna tugas, diharapkan PNS senantiasa :

  1. BERKARYA, sesuai minatnya yang memiliki nilai ekonomi sehingga meningkatkan perekonomian keluarga dan masyarakat Jawa Tengah;
  2. KUAT, secara fisik dan mental sehingga terhindar dari problem Post Power Syndrome  berkepanjangan;
  3. SPIRITUAL, meningkatnya kualitas ibadah dan hubungan dengan sang khalik serta membersihkan diri menuju kebaikan;
  4. INOVATIVE, atas karya yang dihasilkan dan senantiasa mengikuti perkembangan serta melatih fikiran tidak cepat pikun;
  5. SEJAHTERA, secara ekonomi dan secara nurani  dengan meningkatkan pendapatan melalui kewirausahaan dan berbagai aktivitas lain.

Wisnu Zaroh  lewat Sekretaris diakhir sambutannya berharap peserta dapat mengikuti dengan baik sehingga akan mendapatkan ilmu sebagai bekal purna tugas nantinya.

BKD Prov. Jateng akan senantiasa siap membimbing dan mengarahkan PNS yang membutuhkan program pendampingan apabila terdapat kendala saat melakukan rintisan usaha.

Bagi PNS yang telah memiliki usaha dan produk-produk dapat ditampilkan dalam acara-acara bertajuk kewirausahaan sebagai salah satu upaya pemasaran dalam program pendampingan.

 

Berita Lainnya
  • 04 December 2022
  • ADM

Pengumuman Setelah Sanggah PPPK Tenaga Kesehatan Tahun 2022 Prov. Jateng

Read more
  • 04 December 2022
  • ADM

Jadi yang pertama di Indonesia, Provinsi Jawa Tengah gelar Anugerah Meritokrasi untuk Kabupaten Kota

Read more
  • 04 December 2022
  • ADM

Jadwal Seleksi Kompetensi PPPK Tenaga Kesehatan Prov. Jateng Tahun 2022

Read more