Seminar Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

Blog Single

Semarang, 6 Juni 2024 - Bertempat di Gedung Grandhika Bakti Praja lantai 2, Kota Semarang, diadakan acara Seminar Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024. Seminar ini mengusung tema "Merajut Kebhinekaan untuk Menyukseskan PILKADA Serentak Tahun 2024" dan dihadiri oleh kepala OPD Se-Provinsi Jawa Tengah dan Kepala BKD, BKPP, BKPSDMD Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan diawali dengan Kepala BKD Provinsi Jawa Tengah, Rahmah Nur Hayati, SKM, M.Kes. membacakan laporan penyelenggara. Dalam laporannya, ASN diharapkan bersikap sesuai ketentuan, tidak menunjukkan keberpihakan kepada calon atau kelompok tertentu. ASN memiliki peran vital sebagai perekat dan pemersatu bangsa, serta harus menjadi teladan yang menjaga nilai-nilai persatuan di masyarakat.

Kemudian kegiatan dibuka dengan sambutan dari Plt. Gubernur Jawa Tengah yang diwakili oleh Sekda Provinsi Jawa Tengah, Sumarno, S.E., M.M. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa dengan mengedepankan nilai-nilai Pancasila, Pilkada diharapkan berjalan sukses dengan partisipasi masyarakat tinggi dan kelancaran tahapan. Keberagaman di Jawa Tengah menjadi kekuatan untuk merajut persatuan dalam proses demokrasi yang jujur dan adil. ASN diminta tetap netral sebagai contoh pemilih yang baik, sambil menjaga kerukunan dan keutuhan bangsa. Semua ini adalah wujud pengamalan nilai-nilai luhur Pancasila dalam menjaga demokrasi dan persatuan.

Seminar ini menghadirkan dua narasumber. Narasumber pertama, Dr. Irene Camelyn Sinaga, AP., M.Si., Direktur Pengkajian Implementasi Pembenahan Ideologi Pancasila, membawakan materi berjudul "Paradigma Demokrasi Indonesia dalam Momentum PILKADA Serentak di Jawa Tengah". Kemudian, Narasumber kedua, Dr. Martuti, M.M., Direktur Lembaga SDM COREIN CENTRE, menyampaikan materi dengan judul "ASN Sebagai Perekat dan Pemersatu Bangsa". Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang interaktif antara peserta dan narasumber.
 
Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas dan profesionalitas SDM aparatur untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih serta ASN yang patriotis, cinta tanah air, dan netral. Tujuan utamanya adalah menciptakan ASN yang berintegritas, profesional, dan netral, serta memperdalam pemahaman dan penghayatan terhadap Pancasila sebagai ideologi negara di lingkungan pemerintah provinsi Jawa Tengah.
â??

BERITA TERBARU

Designed & Developed by BKD Provinsi Jawa Tengah