Pembinaan Jabatan Fungsional Pasca Penyetaraan

  • Thursday, 31 March 2022
  • ADM
  • 403

Solo 30/03 Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa tengah melalui Bidang Perencanaan dan Pengembangan Pegawai mengadakan Sosialisasi Pembinaan jabatan Fungsional bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Acara diselenggarakan di Aula Seni Budaya Hotel Sparta Tefa SMK Negeri 4 Surakarta.

Peserta dan Narasumber

Hadir Pejabat Administrasi atau Pejabat Fungsional di SKPD Induk secara Luring dan Pejabat Administrasi atau Pejabat Fungsional di lingkungan Cabang Dinas atau UPT di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Para perwakilan Pengurus Organisasi Profesi Jabatan Fungsional di Jawa Tengah yang mengikuti secara daring, serta disiarkan secara live melalui Youtube BKD Prov. Jateng.

Sedangkan narasumber hari pertama adalah Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah yaitu Wakil KetuaKomisi A Fuat Hidayat, S.Sos, MS.i, dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi oleh Asisten Deputi Perancangan Jabatan, Perencanaan dan Pengadaan Sumber Daya Manusia Aparatur (Aba Subagja S.sos, MAP). Untuk hari kedua, adalah dari Badan Kepegawaian Negara

Dalam sambutannya Kepala BKD Prov. Jateng (Drs. Wisnu Zaroh, M.si) melalui Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Pegawai menyampaikan kebijakan manajemen kepegawaian dalam perkembangannya mengalami banyak perubahan guna mewujudkan SMART ASN dan birokrasi yang berkelas dunia.

Oleh karena itu Perwujudan SMART ASN dan birokrasi berkelas dunia dilakukan dengan melalui penerapan merit sistem dalam manajemen ASN dan penerapan Indeks Profesional ASN serta upaya lainnya yang terkait. Secara khusus perubahan regulasi ini menjadikan kedudukan, tugas, fungsi dan wewenang jabatan fungsional semakin jelas dan tegas pada Instansi Pemerintah. Tentunya perubahan regulasi ini, pada gilirannya akan menjadikan keuntungan dan tantangan bagi Instansi Pemerintah dan pejabat fungsional untuk semakin profesional, memiliki orientasi pelayanan tinggi yang didukung kompetensi, integritas dan moralitas serta memberikan kontribusi yang optimal bagi organisasi dengan menunjukan kinerja yang unggul.

Kebijakan pembinaan dan pengembangan jabatan fungsional telah ditetapkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 Tahun 2019 tentang Pengusulan, Penetapan, Dan Pembinaan Jabatan Fungsional Pegawai Negeri Sipil.

Secara kuantitatif di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terdapat 27.538 (dua puluh tujuh ribu lima ratus tiga puluh delapan) orang Pejabat Fungsional terbagi atas 105 (seratus lima) jenis jabatan fungsional.  Sedangkan yang disetarakan dari Jabatan Administrasi Ke Dalam Jabatan Fungsional sejumlah total 854 (delapan ratus lima puluh empat) orang PNS.

Penyetaraan Jabatan fungsional di Jawa Tengah telah selesai dilaksanakan dengan segala permasalahan yang masih terjadi, adanya regulasi JF yang belum disesuaikan dengan Permenpan RB 13 Tahun 2019 serta petunjuk teknisnya belum ditetapkan tentunya menjadi beban dan tantangan pembinaan JF ke depan.

Bidang Perencanaan dan Pengembangan Pegawai juga akan mengenalkan dan lounching Aplikasi E-Jafung agar kedepannya mudah dalam melayani administrasi kepegawaian terkait Jabatan Fungsional.

 

 

 

 

 

Materi dapat didownload di menu DOWNLOAD

Video lengkap Youtube Hari Pertama

 

 

 

 

Kontibutor ***Budidojo***

Berita Lainnya
  • 12 May 2022
  • ADM

10 Calon Assesor SDM Aparatur, 4 dari BKPP Kota Semarang ikuti Pelatihan

Read more
  • 12 May 2022
  • ADM

Usul Pengangkatan CPNS menjadi PNS Formasi Tahun 2019

Read more
  • 27 April 2022
  • ADM

Gubernur lantik 63 Pejabat Fungsional dan Serahkan 721 SK CASN Tahun 2021

Read more