Sosialisasi Nilai Dasar Kode Etik dan Kode Perilaku ASN

Blog Single

Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah melalui Bidang Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai menyelenggarakan Sosialisasi Nilai Dasar Kode Etik dan Kode Perilaku ASN dengan mengambil tema “ASN MILENIAL : BERKARAKTER, BERKONTRIBUSI, DAN BERINOVASI”.

Acara diselenggarakan pada tanggal 20 September 2023 bertempat di SMA Negeri 1 Bae Kudus bermaksud untuk memberikan pemahaman bagi ASN Milenial di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan pentingnya menerapkan nilai dasar, kode etik, dan kode perilaku ASN. Adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah :

  • Mewujudkan smart ASN untuk menuju birokrasi kelas dunia.
  • Mewujudkan Aparatur Sipil Negara yang disiplin, berintegritas,dan profesional dalam memberikan pelayanan.
  • Menumbuhkembahkan kompetensi kepemimpinan bagi ASN Milenial  sekaligus dapat menjadi role model  bagi seluruh rekan kerjanya.

Sosialisasi NKK diikuti oleh sebanyak 55 Orang ASN Milenial dilingkungan Cabdin/UPT/Satker wilayah Jepara, Kudus, dan Pati dengan mayoritas peserta dari satuan pendidikan(sekolah). dengan Narasumber Bapak ESTU WIDODO, S.Sos., M.M. (BKD Prov Jateng) menyampaikan materi Kode Etik dan Netralitas ASN, Ibu Dr. DINI RAMA DHANIA, S.Psi., M.Si (Dosen Universitas Muria Kudus) menyampaikan materi The Psychology of Followership, Ibu NININ KHOLIDA M., M.KES., M.Psi (OASE INDONESIA) menyampaikan materi Integritas ASN.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah RAHMA NUR HAYATI, SKM., M.Kes. didampingi Kepala Bidang Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai. Melalui sosialisasi Sosialisasi Nilai Dasar Kode Etik dan Kode Perilaku ASN dengan mengambil tema “ASN MILENIAL: BERKARAKTER, BERKONTRIBUSI, dan BERINOVASI”, harapan kami sama seperti dengan tema yang kami ambil :

BERKARAKTER, kami berharap dengan sosialisasi nilai dasar, kode etik, dan kode perilaku ASN ini para ASN Milenial di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memiliki karakter yang disiplin, berintergitas, dan professional serta berpedoman pada core values ASN BerAKHLAK. ASN milenial harus memiliki kepribadian yang berintegritas sebagai suatu sikap yang harus dimiliki seseorang untuk melaksanakan tugasnya sesuai dengan norma dan kode etik ASN. 

BERKONTRIBUSI, ASN Milenial harus memiliki kontribusi yang nyata terhadap Instansi ditempat bertugas Saudara sekarang ini. Jangan sampai para ASN Milenial tidak memiliki kontribusi sama sekali terhadap organisasi.

BERINOVASI, ASN milenial mampu berinovasi melalui penciptaan ide-ide kreatif dan diwujudkan dalam bentuk inovasi berbasis teknologi digital untuk kemudian dapat diaplikasikan dalam hal meningkatkan layanan pada masyarakat.

Tidak hanya itu, menjelang menghadapi tahun politik tahun 2024, kami menghimbau kepada bapak/ibu sekalian untuk tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis. Kita sebagai seorang ASN diminta untuk menjaga netralitas, tidak berpihak kepada pasangan calon manapun.

Selain itu, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk untuk mendukung Sistem Merit Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dimana penagakan NKK dan Netralitas ASN juga dipantau lansung oleh KASN melalui penilaian indeks maturitas terhadap penegakan NKK dan Netralitas ASN. Dan Alhamdulillah di tahun 2022 kemarin, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendapatkan predikat patuh (dari 4 kategori , patuh - cukup patuh - kurang patuh – tidak patuh)dengan skor 364.

Dan semoga di tahun-tahun berikutnya Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dapat meningkatkan penegakan NKK di lingkungan pemerintah Provinsi Jawa Tengah. 

 

 

 

BERITA TERBARU

Designed & Developed by BKD Provinsi Jawa Tengah