FGD Perumusan Manajemen Karir di Prov. Jateng

  • Thursday, 06 February 2020
  • ADM
  • 530

Karanganyar (05/2) Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah lewat Bidang Perencanaaan dan Pengembangan Pegawai sub Bidang Jabatan Struktural,   bertempat di Nava Hotel Tawangmangu melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Perumusan Manajemen Karir bagi PNS di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah,

Dalam kesempatan tersebut dibuka oleh Bapak Kepala BKD Wisnu Zaroh, dengan mengundang narasumber dari Kemenpan RB. Sebagai langkah strategis untuk menyiapkan pelaksanaan kebijakan manajemen karir bagi PNS di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang terdiri dari perencanaan, pengembangan, pola karir, dan kelompok rencana suksesi yang diperoleh dari manajemen talenta dengan dilatarbelakangi adanya beberapa isu yang berkembang diantaranya kebijakan restrukturisasi jabatan di lingkungan pemerintah pusat dan daerah.
Dari isu tersebut diatas, akan berdampak pada pelaksanaan tugas tugas pemerintahan dan berdampak pada sistem karir bagi PNS di instansi pemerintah sedangkan jenjang jabatan pimpinan tinggi, jabatan administrator, dan jabatan pengawas merupakan bagian dari sistem karir PNS saat ini.

 

Talent Pool

Bahwa saat ini, Provinsi Jawa Tengah telah memiliki kader dalam kelompok suksesi yaitu dalam Jabatan Administrator dan Pengawas atau disebut Talent Pool, yang diperoleh dari mekanisme talent scouting yang telah diatur dalam Pergub Jawa Tengah nomor 43 tahun 2016 jo. Pergub Jawa Tengah nomor 38 tahun 2017 tentang Penelusuran Kader Potensial (talent scouting).

Disampaikan oleh Wisnu Zaroh saat ini, untuk talent pool dalam jabatan pimpinan tinggi belum ada sedangkan disisi lain Provinsi Jawa Tengah memperoleh hasil penilaian merit dalam manajemen ASN oleh KASN tahun 2019 dengan nilai 280 (kategori III) yang artinya sudah diperkenankan untuk mengisi JPT tertentu dari proses non seleksi terbuka.
Diakhor sambutannya, wisnu zaroh berharap, dengan adanya kegiatan FGD ini, akan dirumuskan konsep Manajemen Karir bagi PNS di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam hal pengelolaan kader-kader suksesi dalam JPT, Administrator dan Pengawas dalam kelompok Talent Pool.

Berita Lainnya
  • 06 February 2020
  • ADM

HIMBAUAN Ka. BKD PROV. JATENG "JANGAN PERCAYA CALO"

Read more
  • 06 February 2020
  • ADM

FGD Perumusan Manajemen Karir di Prov. Jateng

Read more
  • 05 February 2020
  • ADM

PERUBAHAN JAM KERJA PNS PROV. JATENG MULAI 1 PEBRUARI 2020

Read more