Sosialisasi Implementasi Kebijakan Pengangkatan dalam Jabatan Fungsional Ahli Utama

  • Saturday, 20 November 2021
  • ADM
  • 168

Semarang (19/11) Kemarin Kamis 18 Nopember 2021 Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui  subbidang Jabatan Fungsional bidang Perencanaan dan Pengembangan Pegawai Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pembinaan Jabatan fungsional menyelenggarakan Webinar Sosialisasi dan Pembinaan Jabatan Fungsional lewat Daring.

Nara sumber dan Peserta

Hadir sebagai Narasumber dari Direktorat Pengadaan dan Kepangkatan Badan Kepegawaian Negara,Direktorat Pengadaan dan Kepangkatan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Biro Administrasi Pejabat Pemerintahan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg),

Sedangkan peserta dari Pejabat Administrasi dan Pejabat Fungsional di SKPD Induk, Cabang Dinas, UPT di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dan  BKD/BKPP/BKPSDM Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah serta Para perwakilan Pengurus Organisasi Profesi Jabatan Fungsional di Jawa Tengah.

Dalam Webinar yang dilaksanakan dan disiarkan via YouTube BKD Prov. Jateng terpantau lebih dari 2000 peserta yang menyimak dan bergabung via Zoom Metting dari segala penjuru Jawa Tengah.

Berkesempatan membuka webinar, Kepala BKD Provinsi Jawa Tengah (Drs. Wisnu Zaroh, M.Si) menyampaikan Perwujudan SMART ASN dan birokrasi berkelas dunia dilakukan dengan melalui penerapan merit sistem dalam manajemen ASN dan penerapan Indeks Profesional ASN serta upaya lainnya yang terkait. Secara khusus perubahan regulasi ini menjadikan kedudukan, tugas, fungsi dan wewenang jabatan fungsional semakin jelas dan tegas pada Instansi Pemerintah. Tentunya perubahan regulasi ini juga, pada gilirannya akan menjadikan keuntungan dan tantangan bagi Instansi Pemerintah dan pejabat fungsional untuk semakin profesional, memiliki orientasi pelayanan tinggi yang didukung kompetensi, integritas dan moralitas serta memberikan kontribusi yang optimal bagi organisasi dengan menunjukan kinerja yang unggul.

Mekanisme Pengangkatan Jabatan Fungsional

Hal tersebut didasari terbitnya Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 Tahun 2019 tentang Pengusulan, Penetapan, Dan Pembinaan Jabatan Fungsional Pegawai Negeri Sipil yang secara substansi telah megalami perubahan pada mekanisme pengangkatan ASN dalam jabatan fungsional diantaranya khusus untuk jenjang Ahli Utama.

Disampaikan oleh Wisnu Zaroh bahwa mekanisme yang dilakukan terkait pengangkatan PNS dalam jabatan fungsional jenjang Ahli Utama yaitu pertama, pengangkatan melalui perpindahan dari jabatan lain meliputi pengangkatan antar jabatan fungsional Ahli Utama dan pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi dalam jabatan fungsional Ahli Utama. Kedua, pengangkatan dalam jabatan fungsional Ahli Utama melalui promosi yang meliputi kenaikan dalam jabatan fungsional Ahli Utama dan promosi itu sendiri dengan memenuhi kriteria dan syarat-syarat yang ditentukan.

Dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 Tahun 2019 tentang Pengusulan, Penetapan, Dan Pembinaan Jabatan Fungsional Pegawai Negeri Sipil :

  1. Pasal 32 ayat (2) Pengangkatan dalam JF ahli utama ditetapkan oleh Presiden atas usulan Pejabat Pembina Kepegawaian;
  2. Pasal 33 huruf b Pejabat Pembina Kepegawaian Instansi Daerah Provinsi bagi PNS Instansi Daerah Provinsi Provinsi Jawa Tengah;
  3. Pasal 33 huruf c Pejabat Pembina Kepegawaian Instansi Daerah Kabupaten/Kota melalui Gubernur bagi PNS Instansi
    Daerah Kabupaten/Kota.

Berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/529/M.SM.02.00/2021 tanggal 31 Agustus 2021 perihal Pengangkatan dalam Jabatan Fungsional Ahli Utama melalui Perpindahan dari Jabatan Pimpinan Tinggi dan Penetapan Angka Kredit Jabatan Fungsional Ahli Utama,  dijelaskan bahwa pengangkatan dalam jabatan fungsional Ahli utama dapat dilakukan melalui perpindahan dari jabatan lain atau promosi, dengan menyesuaikan pada kelowongan jabatan fungsional hasil penetapan kebutuhan (formasi) dari Kementerian PAN dan RB.

Selanjutnya terkait syarat pangkat Jabatan fungsional Ahli Utama melalui perpindahan dari jabatan lain yaitu PNS tersebut paling rendah telah mencapai pangkat (Golongan ruang) Pembina Utama Madya (IV/d), sedangkan apabila pangkat (Golongan ruang) masih Pembina Utama Muda (IV/c) maka harus sudah dilantik paling lambat tanggal 29 Juli 2022.  Sedangkan terkait syarat Penetapan Angka Kredit (PAK) terbagi menjadi 3 (tiga) kelompok penilaian yaitu secara konvensional, integrasi dan konversi.  Dimana masing-masing memiliki spesifikasi dan nilai masing-masing yang telah ditentukan dalam peraturan perundang-undangan.

Diakhir sambutannya Wisnu Zaroh menyampaikan berkaitan dengan persyaratan dan mekanisme yang ditentukan dalam pengangkatan jabatan fungsional jenjang Ahli Utama perlu mendapatkan kejelasan dan kepastian yaitu :

  1. Persyaratan dan mekanisme Promosi dan Pengangkatan melalui perpindahan dari jabatan lain ke dalam Jabatan Fungsional Ahli Utama;
  2. Persyaratan dan mekanisme pemberhentian dari Jabatan Fungsional Ahli Utama;
  3. Apakah dimungkinkan usulan pengangkatan atau pemberhentian dalam/dari jabatan fungsional Ahli Utama yang berasal dari  Kabupaten/Kota   tidak melalui Pemerintah Provinsi;
  4. Input usulan pada Aplikasi Pengusulan Jabatan Ahli Utama;
  5. Persyaratan dan mekanisme Penetapan formasi oleh Menpan dan RB untuk Promosi dan Pengangkatan melalui perpindahan dari jabatan lain ke dalam Jabatan Fungsional Ahli Utama.

Sehingga berharap kepada para Narasumber dapat memberikan kejelasan terkait Implementasi Kebijakan Pengangkatan dalam Jabatan Fungsional Ahli Utama. Selanjutnya, kegiatan ini juga menjadi momentum untuk menyelaraskan dan mensinergikan antara Kementerian Sekretariat Negara dan Badan Kepegawaian Negara. Hal ini dimaksudkan agar ke depannya sinergitas dapat semakin kuat terjalin dalam rangka pembinaan dan pengembangan dalam Jabatan Fungsional yang lebih efisien dan efektif untuk kepentingan dan kebutuhan organisasi perangkat daerah.

 

Materi DOWNLOAD

Lihat Pelaksanaan via Youtube

 

 

 

 

 

 

 

 

Berita Lainnya
  • 03 December 2021
  • ADM

NILAI KOMPETENSI BIDANG HARI TERAKHIR CPNS TILOK TMMK BKD PROV. JATENG

Read more
  • 03 December 2021
  • ADM

PENGUMUMAN HASIL UJI GAGASAN TERTULIS TALENT SCOUTING

Read more
  • 03 December 2021
  • ADM

NILAI KOMPETENSI BIDANG HARI KEDUA CPNS PROV. JATENG

Read more