Kepala BKD Mengambil Sumpah/Janji PNS 1490 orang secara Daring dan Luring

  • Wednesday, 29 June 2022
  • ADM
  • 170

Semarang 17/06 Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Pasal 66 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara ditegaskan bahwa setiap calon PNS pada saat diangkat menjadi PNS wajib mengucapkan sumpah/janji.

Upacara Pengambilan Sumpah/Janji PNS Tahun 2022, dilaksanakan lewat Daring dan luring dengan peserta sejumlah 1490 orang, terdiri dari Agama Islam, Kristen, Katholik, Hindu dan Buddha. Selaku Pengambil Sumpah bapak kepala BKD Provinsi Jawa Tengah Drs. Wisnu Zaroh, M.Si, Saksi I Drs. Legiman M.Si dan Saksi II Drs. Sukardi M.Si, dan Rohaniwan dari Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah.

Dalam sambutannya kepala BKD Prov. Jateng menyampaikan Sumpah atau Janji yang telah diucapkan ini merupakan tanggung jawab moral yang nantinya akan dipertanggungjawabkan di hadapan Tuhan Yang Maha Esa. Dengan demikian, diharapkan para Pegawai Negeri Sipil selalu ingat dan berpegang pada nilai religius dalam menjalankan tugas dan fungsinya serta senantiasa meningkatkan kinerja secara profesional sesuai dengan tupoksi dan kompetensinya dalam bekerja.

Tanggung Jawab Sebagai PNS

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia  (PP) Nomor  94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS). PNS tidak bisa lagi seenaknya saja dalam bekerja. Ketidakhadiran tanpa keterangan akan diakumulasikan dalam periode waktu tertentu, yang akan berimbas pada penjatuhan hukuman disiplin. Mulai dari teguran, pemotongan tunjangan kinerja, penurunan jabatan, hingga pemberhentian. Dengan berdisiplin, kita mampu mengahargai hakikat kita sebagai PNS, sehingga tugas dan tanggungjawab yang diemban dapat kita laksanakan dengan tepat, dalam koridor yang berlaku, akan mempengaruhi Kinerja Pegawai. karena Semakin tinggi disiplin pegawai, semakin tinggi prestasi kerja yang dapat dicapai.

Core values ASN ‘Ber-akhlak’

Diakhir sambutannya wisnu Zaroh menyampaikan Pesan Presiden Jokowi Widodo telah meluncurkan fondasi baru berupa nilai-nilai dasar bagi Apratur Sipil Negara, setiap ASN harus memegang teguh satu nilai dasar serta semboyan   yang   sama. Core values ASN ‘Ber-akhlak’. Ada 7 core value yang harus dilaksanakan oleh ASN:

  • Yang pertama adalah Berorientasi Pelayanan dengan panduan perilaku memahami kebutuhan masyarakat, ramah, cekatan, solutif dan dapat diandalkan, serta melakukan perbaikan tiada henti.
  • Core value yang kedua adalah Akuntabel yaitu  bertanggung jawab atas kepercayaan yang diberikan dengan Panduan perilaku melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, disiplin dan berintegritas tinggi, menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif dan  efisien serta  tidak menyalahgunakan  kewenangan jabatan.
  • Core value yang ketiga adalah Kompeten yaitu terus belajar dan mengembangkan kapabilitas. Dengan panduan perilaku meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab  tantangan  yang  selalu  berubah,  membantu orang  lain  belajar  serta  melaksanakan  tugas  dengan kualitas terbaik.
  • Core value ke empat adalah Harmonis yaitu  saling peduli dan menghargai perbedaan dengan panduan perilaku menghargai setiap orang apapun latar belakangnya, suka menolong orang lain serta membangun lingkungan  kerja  yang  kondusif.
  • Core  value kelima adalah  Loyal   yaitu   berdedikasi   dan  mengutamakan kepentingan bangsa dan negara dengan panduan perilaku memegang  teguh  ideologi  Pancasila  UUD  1945,  setia kepada  NKRI  serta  pemerintahan  yang  sah,  menjaga nama baik sesama ASN, Pimpinan, Instansi, dan Negara serta menjaga   rahasia   jabatan   dan   negara.
  • Core value ke enam adalah Adaptif yaitu terus berinovasi dan antusias dalam  menggerakkan    serta    menghadapi perubahan dengan panduan perilaku cepat menyesuaikan diri   menghadapi   perubahan,  terus berinovasi dan mengembangkan   kreativitas   serta bertindak  proaktif.
  • Terakhir, Core value ke tujuh yang harus dimiliki ASN adalah kolaboratif yaitu membangun kerja sama yang sinergis dengan panduan perilaku memberi kesempatan berbagai pihak untuk berkontribusi, terbuka untuk bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah serta menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama.

Berita Lainnya
  • 29 June 2022
  • ADM

Kepala BKD Mengambil Sumpah/Janji PNS 1490 orang secara Daring dan Luring

Read more
  • 29 June 2022
  • ADM

Sosialisasi dan Pembinaan Jabatan Fungsional Kesehatan.

Read more
  • 17 June 2022
  • ADM

Sekda : Prov Jateng berkomitmen mendorong Pelaksanaan Sistem Merit Kabupaten Kota

Read more