Pendampingan Desa untuk mengurangi Kemiskinan

  • Friday, 04 October 2019
  • ADM
  • 323

Pemalang (17/9) Kepala BKD Provinsi Jawa Tengah mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, membuka pelatihan service Alat Rumah Tangga bagi warga Kelurahan Pelutan Kecamatan Pemalang.

Hadir dalam Pembukaan tersebut Camat Pemalang, Lurah Pelutan Kabupaten Pemalang, Kepala Balai Latihan Kerja Industri Cilacap, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah, Kepala Madrasah Hikmatul Mukarromah dan Bapak/Ibu Pimpinan beserta Staf Kelurahan Pelutan Kabupaten Pemalang.

Sedangkan peserta pelatihan sejumlah 20 orang warga kelurahan Pelutan, pelatihan akan diselenggarakan selama 30 hari ke depan, setiap hari kurang lebih sekitar 8 jam para peserta akan mendapatkan materi pembelajaran dan perlengkapan praktek selama pelaksanaan pembelajaran dan bertempat di Madrasah Hikmatul Mukarromah.

Disampaikan Kepala BKD Prov. Jateng (Drs. Wisnu Zaroh, Msi) maksud diselenggarakannya acara ini adalah untuk membantu pemberdayaan ekonomi, mengurangi pengangguran menyerap potensi-potensi wirausaha baru bagi yang akan membuka usaha sendiri dan membantu menyiapkan tenaga-tenaga potensial untuk yang akan memasuki dunia kerja, sebagaimana tekat Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam pendampingan desa untuk mengurangi kemiskinan.

Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman baru bagi peserta, karena materi yang akan diberikan bersifat praktek langsung dengan mentor pelatih yang sudah berpengalaman, sehingga diharapkan mampu meningkatkan produktifitas, kreatifitas, kualitas dan efektifitas kerja serta daya saing bagi peserta pelatihan ke depan saat terjun di dunia kerja nanti. Tuntutan dunia kerja saat ini semakin ketat, termasuk tuntutan standar (sertifikasi keahlian) dan kualitas tenaga kerja baik di pasar kerja lokal daerah, nasional bahkan global selain juga semakin terbukanya bursa kerja saat ini melalui media yang ada

Diakhir Sambutannya, Wisnu Zaroh menyampaikan banyak terimakasih kepada Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah yang diwakili Kepala Balai Latihan Kerja Industri Cilacap, Bapak Camat Pemalang dan Ibu Plt Lurah Pelutan beserta segenap jajarannya sehingga dapat teraksananya kegiatan ini.

Dan bagi peserta pelatihan yang ikut dalam pelatihan ini tidak semata-mata berorientasi menjadi pekerja melainkan juga dapat menciptakan usaha baru (menjadi wirausaha) yang dapat memberikan lapangan kerja baru bagi orang lain sehinga dapat mengurangi pengangguran di lingkungan sekitar tempat tinggal masing-masing.

 

**** Budidojo*****

Berita Lainnya
  • 16 October 2019
  • ADM

Jadwal UKPPI Periode II Tahun 2019

Read more
  • 16 October 2019
  • ADM

Jabatan Fungsional menjanjikan Karir yang lebih Baik

Read more
  • 14 October 2019
  • ADM

FGD Perumusan Road Map Manajemen Karir bagi PNS

Read more