BKD Prov. Jateng jadi Pilot Project Layanan KP dan Pensiun "Paperless" Kanreg I BKN

  • Friday, 24 May 2019
  • ADM
  • 1005

Semarang,  Lewat Surat Kepala Kantor Regional I BKN Yogjakarta Nomor : 552/SB/K/KR.I/5/2019 tanggal 8 mei 2019, Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah menjadi salah satu Pilot Project Usulan Kenaikan Pangkat dan Pensiun secara Paper Less dengan Aplikasi SEMAR (Sistem Manajemen ASN Ter-Rekonsiliasi).

Aplikasi SEMAR

Disampaikan oleh Kepala Kanreg I BKN Yogyakarta Anjaswari Dewi pada saat sosialisasinya Rabu (24/04 2019), aplikasi SEMAR merupakan produk unggulan terbaru yang tengah dicanangkan Kanreg I BKN. SEMAR merupakan media pendukung dari aplikasi SAPK BKN yang selama ini telah digunakan dalam proses pelayanan administrasi kepegawaian. Jika sebelumnya telah digunakan strategi dengan meminimalkan berkas fisik dalam dokumen usulan KP dan pensiun (less paper), maka melalui SEMAR proses layanan kepegawaian diharapkan semakin sempurna menuju usulan yang sudah tidak menggantungkan pada berkas fisik (paper less), dan akan terus dikembangkan pada layanan administrasi kepegawaian lainnya seperti Karis/Karsu serta Karpeg.   

Kepala BKD Prov. Jateng (Drs. Wisnu Zaroh, M.Si) lewat Kasubid Kenaikan Pangkat dan layanan aplikasi kepegawaian Bidang Mutasi (Deyas Yani Rahmawan, S.STP, MM) menindaklanjutinya dengan menerbitkan surat nomor 800/04383/2019 perihal Desk Kenaikan Pangkat Periode 1 Oktober 2019 agar SKPD Prov. Jateng mempersiapkan hal-hal sebagai berikut :
1.    Setiap PNS yang masuk nominatif KP Periode Oktober 2019 wajib melakukan updating dokumen kepegawaian melalui aplikasi efile maksimal tanggal 18 Juli 2019
2.    Dokumen Harus Asli
3.    Khusus untuk Dokumen Ijazah dan Transkrip Nilai, apabila tidak ada asli wajib legalisir perguruan tinggi dan berwarna
4.    Format Scan PDF
5.    Hasil Scan harus berwarna
6.    Ukuran hasil scan maksimal 1 MB (Megabytes) per Jenis Dokumen

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).
Deputi Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) BKN Suharmen menyampaikan harapan besarnya akan peningkatan kualitas pelayanan kepegawaian khususnya di wilayah kerja Kanreg I BKN. Dikatakannya, inovasi tentang pelayanan kepegawaian perlu terus ditingkatkan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas salah satunya melalui aplikasi SEMAR ini.
 
“Saat ini kita sedang hidup pada revolusi industry 4.0 yang bercirikan salah satunya adalah machine learning, mobile device dan big data sehingga mau tidak mau kita harus mampu mengikutinya dengan beragam aksi yang dapat mengarah kesana.” jelas Deputi.
 
Ditambahkannya, bahwa mekanisme kerja berbasis teknologi informasi merupakan hal yang tidak dapat ditawar lagi mengingat hal tersebut sudah tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).
 
“Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik sudah menjadi keharusan dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel. Disamping itu SPBE juga mengamanahkan keterpaduan dan efisiensi sistem pemerintahan secara nasional.” terang Deputi.

Berita Lainnya
  • 26 August 2019
  • ADM

Launching dan Rakor Penilaian Kinerja Sikap dan Perilaku secara 360˚ bagi JPT Prov. Jateng

Read more
  • 22 August 2019
  • ADM

FGD Kebijakan Kepegawaian di Jawa Tengah

Read more
  • 02 August 2019
  • ADM

Lantik 628 Pejabat, Ganjar: Pegang Erat Pancasila

Read more