Bintek Kaderisasi Kepemimpinan PNS Prov. Jateng Berbasis Gender

  • Tuesday, 16 April 2019
  • ADM
  • 544

Semarang (15/4) Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah melalui Sub bidang Kesejahteraan Pegawai, Bidang Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai, melaksanakan Bimbingan Teknis Kaderisasi Kepemimpinan berbasis Gender. Sebagaimana 10 Program Unggulan Gubernur  dan Wakil Gubernur Jawa Tengah (H. Hanjar Pranowo dan Tajyasin) yaitu Sekolah tanpa sekat: pelatihan tentang demokrasi dan pemilu, gender, antikorupsi dan magang gubernur untuk siswa SMA/SMK.

Plt. Kepala BKD Prov. Jateng (Drs. Wisnu Zaroh, M.Si) menyampaikan dilaksanakannya Bintek Kaderisasi Kepemimpinan PNS Berbasis Gender di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk menyiapkan Kader Pemimpin Perempuan menjadi kader pemimpin yang profesional, berkompeten, dan berkomitmen dalam melaksanakan semangat reformasi birokrasi.

Peserta dan Narasumber

Peserta Bintek adalah Kader kader perempuan dari  Seluruh SKPD Provinsi Jawa Tengah, sedangkan salahsatu narasumber adalah Ibu Niken Ardiyanti, Psi., M.Psi adalah dari Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia.

Wisnu Zaroh melalui Kasubid Kesejahteraan Pegawai (Agung Raharjo) menyampaikan, terdapat berbagai jenis teori kepemimpinan, tentang asal-usul terbentuknya seorang pemimpin, diantaranya Teori Genetik yang menyatakan bahwa pemimpin itu terlahir dengan bakat yang sudah terpendam didalam diri seseorang, Teori Sosial yang menyatakan bahwa seseorang dapat menjadi pemimpin melalui latihan, kesempatan dan pendidikan, dan Teori Ekologis yang merupakan gabungan dari 2 teori di atas.

Sebagai seorang PNS, abdi masyarakat dan pelayan masyarakat, sudah sepatutnya kita menanamkan komitmen dalam diri untuk menjadi seorang pemimpin.

Kinerja PNS yang seringkali menjadi sorotan publik diharapkan dapat selalu ditingkatkan untuk mencapai apa yang diharapkan masyarakat. Proses peningkatan kinerja PNS dapat dimulai jika para pemimpin yang memegang kunci dalam proses birokrasi memiliki semangat yang besar dalam mengemban cita-cita reformasi birokrasi.

Talent Scouting

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Badan Kepegawaian Daerah selalu berusaha mewujudkan terciptanya sistem merit dalam sistem birokrasi pemerintahannya. Salah satu upayanya adalah dengan menerapkan Talent Scouting yaitu Proses  promosi  rangka menjawab masalah adanya gap kompetensi pejabat yang masih tinggi antara realita  dan  ekspektasi.

Dengan adanya talent scouting, pejabat yang tersaring hanyalah pejabat yang berkompeten, sehingga kompetensi jabatan yang tinggi dapat dipenuhi oleh pejabat yang berkompeten dan sehingga tujuan reformasi birokrasi dapat tercapai di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Diakhir sambutannya Wisnu Zaroh menyampaikan melalui bintek ini diharapkan dapat semakin memperkaya pengetahuan, wawasan serta pandangan tentang konsep manajerial, mampu memberikan pedoman dan manfaat dalam melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai seorang ASN yang profesional.

 

****Bddj****

Berita Lainnya
  • 16 October 2019
  • ADM

Jadwal UKPPI Periode II Tahun 2019

Read more
  • 16 October 2019
  • ADM

Jabatan Fungsional menjanjikan Karir yang lebih Baik

Read more
  • 14 October 2019
  • ADM

FGD Perumusan Road Map Manajemen Karir bagi PNS

Read more