Sosialisasi Jabatan Fungsional Analis Keuangan Pusat dan Daerah

  • Tuesday, 17 October 2017
  • ADM
  • 251

Semarang (12/10) Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah memfasilitasi Ditjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan melaksanakan Sosialisasi Jabatan Fungsional Analis Keuangan Pusat dan Daerah dilingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Kota se-Jateng.

Narsum dan Peserta

Narasumber Tim dari Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI:

  • Bapak Kurnia, S.ST., Ak., CA., Kepala Sub Bagian Pembinaan Jabatan Fungsional AKPD Ditjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan selaku Narasumber;
  • Bapak M. Iwan Setiawan, SE., MM. Pejabat Fungsional Analis Keuangan Pusat dan Daerah Ahli Madya Kementerian Keuangan, selaku Narasumber;
  • Ibu Endang Zainatun, SE., selaku Kepala Sub Bagian Mutasi dan Informasi SDM Ditjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, selaku Moderator;

Sedangkan peserta sosialisasi Para Pejabat dari BKD Provinsi dan Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, Biro Organisasi, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah dan Badan Pengelola Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Tengah, Para Pejabat Administrasi di lingkungan OPD yang menangani urusan kepegawaian dan urusan pendapatan, pengelolaan keuangan, dan/atau aset daerah dari Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.

Berkesempatan membuka acara Kepala Bidang Perencanaan dan Pengambangan Pegawai (Drs. Wisnu Zaroh, M.Si) mewakili Kepala BKD Prov. Jateng (Drs. Mohamad Arief Irwanto, M.Si). Disampaikan Kepala BKD Prov. Jateng lewat Kabid PPP, ucapan berterima kasih kepada Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI selaku Instansi Pembina Jabatan Fungsional Analis Keuangan Pusat dan Daerah yang telah memberikan kepercayaan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk membantu pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Jabatan Fungsional Analis Keuangan Pusat dan Daerah dalam rangka implementasi dari Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 26 Tahun 2016 tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil Dalam Jabatan Fungsional Melalui Penyesuaian/Inpassing.

Jabatan Fungsional Analis Keuangan Pusat dan Daerah merupakan Jabatan Fungsional yang relative baru, karena baru ditetapkan pada tahun 2014 dan termasuk dalam rumpun jabatan akuntan dan anggaran.  Kementerian Keuangan selaku Instansi Pembina selalu berupaya untuk mensosialisasikan serta mengajak PNS untuk berkarier dalam Jabatan Fungsional Analis Keuangan Pusat dan Daerah termasuk salah satunya pada acaranya hari ini.

Berkaitan dengan kebijakan pembinaan dalam jabatan fungsional telah sesuai dengan visi dan misi Gubernur Jawa Tengah, yaitu “Menuju Jawa Tengah Sejahtera dan Berdikari Mboten Korupsi Mboten Ngapusi” dimana telah dituangkan dalam 7 (tujuh) misi dan 11 (sebelas) program unggulan yang dikenal dengan istilah Agenda 18.

Salah satu misi Gubernur Jawa Tengah yaitu mewujudkan penyelenggaraan Pemerintahan Provinsi Jawa yang bersih, jujur dan transparan mboten korupsi mboten ngapusi dengan program unggulan yaitu melaksanakan reformasi birokrasi berbasis kompetensi. Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berkaitan dengan reformasi birokrasi berbasis kompetensi yaitu melalui kebijakan penguatan dan pengembangan jabatan fungsional. Hal ini dilakukan guna mewujudkan profesionalisme PNS, khususnya yang menduduki jabatan fungsional dan mendukung optimalisasi tupoksi SKPD sebagai pelaksana kebijakan dan pelayan masyarakat di Provinsi Jawa Tengah.

Diakhir sambutannya Wisnu Zaroh menyampaikan banyak terimakasih kepada Narasumber, smoga dapat memberikan pencerahan kepada peserta yang hadir, sehingga tujuan akhir dari sosialisasi dapat dicapai.

Materi dapat didowonload di menu Download

Berita Lainnya
  • 23 October 2017
  • ADM

Pendaftaran Talent Scouting bagi PNS Prov. Jateng

Read more
  • 23 October 2017
  • ADM

Peserta Lulus Uji Peningkatan Pendidikan Periode II 2017

Read more
  • 18 October 2017
  • ADM

Pengumuman Hasil Talend Scouting 2017 Prov. Jateng

Read more